PEMDES PULAU MAMBULAU, KEC. BATAGUH GUNAKAN DANA DD UNTUK INFRASTRUKTUR DAN BANGUN JEMBATAN KONTRUKSI KAYU ULIN

Kades Alfian dan awak media.
Saat dilokasi Bangunan Jembatan Kontruksi dari Kayu Ulin Desa Pulau Mambulau, Kec. Bataguh Kab. Kapuas, Kamis 11/11/2021.

Kuala Kapuas, Megapolitan Online.-Pemdes Mambulau, Kecamatan Bataguh, Kab. Kapuas, menfaatkan dana DD untuk bangun infrastruktur.
Selain belanja untuk pembangunan fisik serta penyaluran BLT, dana DD juga digunakan untuk penanganan Covid-19 kepada warga Desa yang terdampak, dimanNa peruntukan dana tsb sebesar 8% dari pagu dana DD yang teralokasikan hingga bulan Desember 2021.
Kades Pulau Mambulau, Alfian, saat disambangi awak media Ahmad Zainuddin, S.Sos di ruang kerjanya mengatakan, pada Tahap 1 dana DD dibelanjakan untuk pembangunan fisik, berupa pembuatan jembatan ukuran sedang, dan pembuatan Water Closed (WC) warga sebanyak 6 buah dengan pagu Rp 5,5 juta per unit.
Sedangkan pada Tahap 2 Pemdes Pulau Mambulau juga melaksanakan bangunan fisik sebuah Jembatan yang kontruksinya dari bahan kayu ulin, dengan Volume, Panjang 11 m X Lebar 3 m, dengan biaya Rp 68,175,000. termasuk biaya pajak, upah utk Padat Karya Tunai (PDT), biaya TPK, PHP serta Perencanaan dan Pelaporan.
Untuk BLT, dana DD telah disalurkan kepada 66 warga, masing2 terima Rp 300 ribu perbulan hingga bulan Desember 2021, untuk saat ini penyaluran yang dilaksanakan Pemdes Pulau Mambulau dari Tahap 1 hingga Tahap 2 sudah menjalani salur ke 10, “ungkap sang Kades, menjelaskan, Rabu, 10/11/2021.

Info Grafik
Desa Pulau Mambulau tampak terpampang & transparan, disamping Kantor Desa Pulau Mambulau, Kecamatan Bataguh.


Alokasi Anggaran yang diterima Pemdes Pulau Mambulau dalam Tahun Anggaran 2021 yang merupakan sebagai Pendapatan Desa bersumber dari ADD dan DD serta dari Bagi Hasil Pajak & Retribusi.
Untuk pembelanjaan dana tersebut penggunaannya meliputi belanja desa seperti, Bidang Penyelenggaraan Pemerntahan Desa, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, Bidang Pembinaam Masyarakat Desa, Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Bidang Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat & Mendesak Desa.
Disamping itu Pemdes Pulau Mambulau dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa tetap konsisten dengan RAPBDes termasuk program Desa lainnya.
Menurut Kades Alfian, saat ini pihaknya sudah menyampaikan usulan ke Dinas PMD Kab. Kapuas, untuk tahapan pencairan dana DD Tahap 3.
Hal itu diutarakannya, agar masyarakat dapat mengetahui dan memahami kondisi penyelenggaraan Pemerintahan Desa, terlebih lagi disuasana Penanganan Covid-19 masih berlangsung.
Sikap keterbukaan yang dilaksankan Aparat Desa, Pemdes Pulau Mambulau ini tergambar juga dengan terpasangnya Infografik di depan Kantor Desa, karena sikap seperti ini yang selalu diinginkan warga terhadap Aparatur Desa dalam menjalankan roda Pemetintahan.
Sehingga warga masyarakat dapat mengetahui tolak ukur pembangunan yang dicapai diwilayahnya, karena dengan sikap transparan dan keterbukaan, masyarakat akan merasakan azaz menfaatnya dan menikmati hasil pembangunan yang dilaksanakan Pemdes selama ini. Dmk (Ahza).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*