TH ANGGARAN 2021, SDN 7 SELAT HILIR, KEC. SELAT
DAPAT PENIMBUNAN HALAMAN SEKOLAH.

Frans Yulian, SE
Kabid PSD, Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, saat ditemui diruang kerjanya, Kamis. 28/10/2021.

Kuala Kapuas, Megapolitan Online.
Dalam rangka meningkatkan program kerja pengelolaan pendidikan pada satuan Pendidikan Sekolah Dasar.
Pemkab Kapuas, pada Tahun Anggaran 2021 melalui Kabid Pembinaan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas.
Telah me-alokasikan dana Rp. 169.900.000.- dana sebesar itu untuk kegiatan peningkatan progaram pendidikan tsb.
Dimana dana yang teralokasi itu sebagai penunjang dalam pengelolaan pendidikan Sekolah Dasar, pada Sub. Kegiatan Pembangunan Sarana, Prasarana dan Fasilitas Sekolah, termasuk Peningkatan Halaman SDN 7 Selat Hilir.
Saat ditemui diruang kerjanya Frans Yulian, SE. selaku penanggung jawab proyek mengatakan, ” Untuk tahun ini, kita berikan fasilitas, dimana salah satu SDN yang ada di kota Kuala Kapuas mendapat peningkatan sarana, dalam hal ini penimbunan halaman sekolah, karena kondisi halaman ini termasuk dataran rendah dan sering tergenang air, tuturnya.
Menurutnya hingga saat ini jumlah SDN sebanyak 402 Sekolah, tersebar pada 17 Kecamatan, di Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah sudah dikunjungi semua, beliau katakan untuk turun kelapangan itu butuh waktu hampir dua tahun.
Hal tsb dilakukannya untuk melihat sejauh mana proses belajar mengajar yang ada di semua wilayah, terutama ditingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar yang terkadang susah untuk menjumpai lokasi sekolah tersebut.
Dan pihaknya cukup prihatin terhadap kondisi Sekolah yang lokasi kadang wilayahnya terisolir, misalnya didaerah daratan yang susah dilewati jalan darat, seperti di Desa Masupa Ria, wilayah Kec. Mandau Talawang, dekat perbatasan Kab. Murung Raya.
Dan juga seperti di Kec. Kapuas Kuala, di atas wilayah Sei Teras, karena menurutnya, kadang melalui sarana transportasi air (motor getek), dan speed boat juga sulit, karena surut, sehingga agak sulit terjangkau, namun bisa melalui jalan tikus atau jalan gundukan sawah alias jalan setapak.

Lokasi Sekolah
SDN 7 Selat Hilir Kec. Selat, Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah, foto diambil 28/10/2021.


Pihaknya berharap dalam penyebaran guru SD khususnya agar mendapat perhatian serius, karena dalam penempatan tenaga edukatif dan penyebaran guru belum merata, kadang ada Sekolah yang hanya satu orang guru PNS yang merangkap Kepala Sekolah, namun selebihnya dibantu guru honorer dan tenaga kontrak.
Terkait semua itu pihaknya mengharapkan kepada elemen masyarakat, ya terutama kepada Wartawan atau awak media, katanya kalau saat pantau dilapangan, mohon diperhatikan jika melihat kondisi fisik Sekolah ataupun lingkungan Sekolah yang sudah mrmprihatinkan, tolong disampaikan kepada Dinas Pendidikan agar supaya mendapat perhatian semua pihak, terutama dari Pemkab.
Hal itu diutarakan Kabid Pembinaan Sekolah Dasar, Disdik Kab. Kapuas, Frans Yulian, SE, ketika menyudahi perbincangannya kepada awak media Megapolitan Online, Ahmad Zainuddin, S.Sos. Biro Kapuas . Dmk

(Ahza).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*