8 ORANG WARGA KECAMATAN BASARANG LAKUKAN ISOLASI MANDIRI AKIBAT TERPAPAR COVID-19

Plt Camat Basarang, Yoab, SE, MPd, di ruang kerjanya. Kamis, 15/07/2021

Kuala Kapuas, Media Megapolitan- Plt Camat Basarang Yoab, SE, MPd, ketika ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya selaku Tim Satgas Penangananan  Covid-19 Kecamatan Basarang, bersama Danramil, dan Kapolsek, dalam waktu dekat akan melakukan cross check lagi ke tempat warga yang terpapar Covid-19 di RT 5 Desa Batu Nindan, dan Desa Batuah Kec. Basarang, Kabupaten Kapuas.

Terdata sebanyak 8 Orang warga yang terpapar Covid-19 di Kecamatan Basarang  masing-masing, 4 orang warga Desa Batuah dan 4 orang pekerja yang tinggal di Desa Batu Nindan. Dan dari semua warga yang terpapar ini sudah dilakukan penanganan dari pihak Satgas, sekarang sedang isolasi mandiri, namun keberadaan warga tersebut selalu dipantau secara intensif, agar yang bersangkutan tidak kesana kemari, ujar Pak Yoab, sedangkan untuk kebutuhan yang lainnya dibebankan kepada Pemdes setempat, dan ini termasuk dalam biaya oprasional PPKM yang dananya teralokasi sebesar 8 % dari pagu Dana Desa (APBN), untuk penanggulangan Covid-19, katanya.

Kantor Kecamatan Basarang Jl Trans Kalimantan Km 8 Basaran, Kab. Kapuas

Plt Camat Basarang ini menjelaskan secara detail, bahwa warga yang terpapar Covid-19 ini sebenarnya 4 Orang bukan warga yang sedang berdomisili di Kec. Basarang, melainkan warga pendatang yang sedang mengerjakan proyek yang ada di Desa Batu Nindan, Kec. Basarang, sedangkan 4 Orang warga Desa Batuah yang juga terpapar itu, Warga tersebut pulang dari berpergian, diantaranya satu orang pulang dari lokasi pekerjaannya dari Pujon, Kec. Kapuas Tengah, dan 3 orang dari pulang menghadiri hajatan perkawinan dari Kec. Dadahup.

Keterangan ini disampaikan beliau, untuk mengklarifikasi yang sebenarnya, sejumlah warga yang terpapar Covid-19 itu dan terinformasikan kemana mana, “Sebenarnya Warga tersebut sejak terpaparnya dari daerah  luar, itu yang dikatakan Plt Camat Basarang, Yoab, SE, MPd, Selaku Tim Satgas Penangananan Covid-19 Kec. Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, kepada awak media Ahmad Zainuddin, S.Sos, dari Media Megapolitan. Kamis, 15/07/2021.

Terkait dalam penangananan Covid-19 ini, pihaknya sudah mengambil langkah- langkah intensif dan mengintruksikan kepada seluruh perangkat Desa se- Kec. Basarang untuk segera meng-aktifkan kembali Posko PPKM Berskala Mikro di Wilayah Pemdes Masing-masing,

Sesuai Surat Edaran Bupati Kapuas, Nomor : 360/280/SATGAS-COVID/KPS.2021, Tentang Pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Dalam rangka pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Kapuas.

Pihaknya langsung bergerak dan berkordinasi dengan semua jajaran terkait, yang intinya agar penangananan Posko PPKM selalu di tingkatkan, mengingat akhir-akhir ini kasus Covid-19 meningkat, data ini diketahui setelah mengikuti hasil rapat evaluasi di Kantor Bappeda Kab. Kapuas kemarin kata Pak Yoab, sehingga perlu ekstra dan kewaspadaan untuk menanggulangi Corona Virus Disease ini. Menurutnya lagi kedepan nanti pihaknya akan membuat tanda semacam tulisan “Isolasi Mandiri” ditempel di rumah atau tempat orang yang terpapar, hal ini dilakukan untuk memberi batasan kepada pihak orang luar, agar membatasi dalam bertamu dan berhadap-hadapan. Dan disampaikan juga dalam waktu dekat ini rencana kami kumpul di Puskesmas bersepakat, dengan Kapolsek, Danramil, untuk mengadakan sosialisasi arus lalu lintas manusia kembali, dan kami di Kantor Kecamatan akan standby 24 jam, walaupun PPKM untuk Kecamatan tidak ada, “tutur Plt Camat Yoab, SE,M.Pd, di ruang kerjanya menyudahi pembicaraan kepada awak Media Megapolitan.

Dmk (Ahza).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*