KADES SUGIANSYAH : KEBERADAAN PAMSIMAS DAPAT MENGATASI KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN AIR MINUM BAGI MASYARAKAT DESA NARAHAN BARU, KEC. PULAU PETAK, KABUPATEN KAPUAS

Sugiansyah, Kades Narahan Baru, Kec. Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Sabtu, 10/07/2021

Kuala Kapuas, Media Megapolitan –  Kemajuan pekerjaan Proyek Program Hibah Insentif Desa (HID) Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), Desa Narahan Baru Kec. Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, sudah mencapai 80 % lebih. Hal ini disampaikan Kades Narahan Baru, Sugiansyah, kepada awak Media Megapolitan Biro Kapuas, Ahmad Zainuddin, S.Sos,  di kantor Desa Sabtu, 10/07/2021. Proyek yang dibiayai dana APBN dalam Tahun Anggaran 2021 ini, dikerjakan secara swakelola yang melibatkan masyarakat setempat dan bersifat Padat Karya Tunai (PKT).

Proyek Pamsimas dibangun diatas tanah hibah warga RT 02 Desa Narahan Baru

Berdasarkan Isi Kontrak Proyek Nomor. KPS-05/02.15/AM-P2P/III/2021, Tanggal 15 Maret 2021, yang tertera pada papan proyek, dengan pagu berkisar Rp 306.250.000.- dalam masa pelaksanaan 120 Hari Kalender. Menurut Kades Sugiansyah, bahwa, ” Proyek ini dibangun diatas lahan, tanah hibah dari warga seluas  0,5 Ha, hingga saat ini per 10 Juli 2021, untuk kemajuan pekerjaan fisik sudah mencapai hampir 80 %, dan tinggal pemasangan pipa kerumah rumah warga ” ungkapnya kepada awak media.

Kantor Desa Narahan Baru di Jalan  Lintas Kecamatan, dibangun Tahun 2018

Untuk wilayah yang diprioritaskan dalam pemasangan pipa meliputi warga RT 01, RT 02, RT 03, dan RT 04, Desa Narahan Baru, memang belum ada ketentuan dalam satu (1) titik berapa yang harus dipasang, namun menurut pihaknya diupayakan kalau bisa untuk semua warga, tuturnya. Dan bangunan tsb, dilengkapi dengan 2 (dua) buah pompa penyedot, serta 2 (buah) Tandon Air besar dengan kapasitas 1000 (seribu) liter perbuah. Dia berharap, keberadaan Pamsimas ini, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, terutama untuk Air bersih dan Air minum, ungkapnya saat mengakhiri pembicaraan.

Dmk (Ahza)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*