PEMDES KELADAN JAYA LANGSUNG DAPAT PROTES, BEBERAPA WARGA NAMANYA DIHILANGKAN DARI DAFTAR PENERIMA BLT SAAT PENYALURAN PERTAMA BLT DD

Kantor & Balai Desa Keladan Jaya, Kec. Mantangai Kab. Kapuas

Kuala Kapuas, Media Megapolitan – Pada tanggal 28 Mei 2021, ketika Pemdes Keladan Jaya Kec. Mantangai Kabupaten Kapuas akan melaksanakan Pembagian Dana BLT DD untuk penyaluran tahap I, seketika itu mendapat protes beberapa warga akibat sebagian namanya tidak lagi termasuk sebagai penerima BLT.

Namun Kades Keladan Jaya, Andelson, saat berada di kantor Desa langsung memberikan penjelasan dengan berbagai alasan yang didasari oleh ketentuan dan peraturan. Kehadiran sejumlah warga yang spontanitas itu, langsung diterima Pak Kades didampingi perangkat Desa serta Bhabinkamtibmas yang bertugas di wilayah itu, akan tetapi kehadiran mereka ingin menanyakan hak-nya yang tidak lagi termasuk penerima dana BLT DD, sedangkan informasinya tidak pernah mereka terima.

Kades Keladan Jaya, Pak Andelson, didampingi Bhabinkamtibmas menerima beberapa Warga, Sabtu, 28/05/2021

Meskipun pada saat pertemuan antara Kades dan perwakilan warga pada saat itu, saling ngotot dan membenarkan pendapatnya masing-masing, akan tetapi semua pihak juga dapat memaklumi kondisi yang diakibatkan karena miskomunikasi itu, setelah keduabelah pihak ini mendengar masukan dan arahan  dari Bhabinkamtibmas.

Terkait hal ini, sebelumnya seorang warga bernama Fuad menanyakan mengapa dirinya tidak termasuk lagi dalam daftar penerima dana DD, sedangkan warga lain yang kondisi ekonominya sama  semua dapat, “ungkapnya.

Namun Kades Keladan Jaya, Andelson yang kala itu didampingi Bhaninkamtibmas berkali- kali telah menjelaskan, bahwa sebelum daftar data keluar, pihaknya sudah mengkordinasikan kepada Ketua RT wilayah masing-masing, sehingga, setelah itu baru data divalidkan untuk disampaikan kepada pihak terkait dan yang bersangkutaan, termasuk juga menginformasikan hal-hal dan ketentuan baku sesuai kriteria bagi warga yang berhak menerima BLT, karena dana peruntukannya terbatas, Ungkap Pak Kades.

Lokasi Posko PPKM di samping Area Balai Desa Keladan Jaya belum beraktivitas Sabtu, 28/05/2021

Terlepas dari persoalan tersebut, beberapa warga me informasikan kepada Wartawan, keterlambatan Pembagian BLT ini disebabkan keterlambatan dalam proses pengurusan Dana disamping juga Pak Kades jarang ditempat, sehingga semua persoalan Desa sering terlambat dalam mengatasi masalah, dan ini terbukti dalam penyaluran BLT, karena beberapa Desa sebagian sudah beberapa Salur, dan keterlambatan ini termasuk belum dilaksanakannya Aktivitas Posko PPKM, dimana Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro, yang ditetapkan Pemerintah sebagai Strategi Baru untuk mengurangi Potensi Penyebaran Virus Covid-19.

Dmk (Ahza &Tim wrt)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*