KISRUH HASIL PEMILIHAN ANGGOTA BPD DESA PULAU TELO, BERKAS BELUM DITERIMA CAMAT SELAT, SEHINGGA AKAN LAKSANAKAN PEMILIHAN ULANG

Slamet Riyadi, SE.,MA. Camat Selat Kab. Kapuas, usai ditemui diruang kerjanya

Kuala Kapuas, Media Metropolitan Online – Kisruh pemilihan Anggota BPD Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah, hingga berita ini diturunkan proses sudah berjalan hampir Satu setengah bulan juga belum rampung.

         Camat Selat, Slamet Riyadi, SE., MA, ketika ditemui awak media diruang kerjanya, Mengatakan, “hingga saat ini berkas belum saya terima” ungkapnya, Rabu 27/4/2021.

        Dan menurutnya, ada surat keberatan dari warga, tanpa menyebutkan identitas warga yang bersangkutan, terus kami ‘kan belum ada terima berkas, terus kami keluarkan surat untuk klarifikasi terkait dengan itu, namun sekarang Panitia Pemilihan atau Pemdes Pulau Telo belum menyampaikan data hasil Pemilihan BPD Pulau Telo ke Kecamatan, jadi belum ada Pengantar dari Kecamatan ke Dinas PMD Kab. Kapuas.

         Awak media menanyakan hal itu terkait adanya info bahwa proses pemilihan Anggota BPD terkesan janggal sehingga menimbulkan adanya protes warga Desa setempat, karena sudah berjalan hampir satu setengah bulan belum juga dituntaskan.

        Sementara informasi yang sama juga diperoleh saat awak media menemui Kabid Pemdes/Kelurahan Dinas PMD, Ivan Yulius, SPt.,MA, di ruang kerjanya, menurutnya info berkas dikembalikan, dan info dari pihak Kecamatan belum sampai ke kami, ungkapnya, nanti lanjutnya ada undangan, dan dipilih ulang pelakanaannya. Kami tidak mau memproses apabila di Desanya belum beres.

        Di tempat terpisah Kadis PMD Kabupaten Kapuas, Yanmarto, SH.,M Hum, ketika dikonfirmasi hal tersebut, pihaknya juga menyatakan berkas panitia BPD Pulau Telo untuk saat ini belum sampai ke Dinas “katanya, dan saya akan kordinasi dengan Pak Camat Selat dulu, demikian keterangan diberikan kepada awak media Megapolitan, Ahmad Zainuddin, S.Sos, saat yang bersangkutan dicegat usai rapat dikantornya, Rabu 27/4/2021 dihalaman Kantor Dinas PMD. Jl Tambun Bungai Kuala Kapuas.

Kabid Pemdes/Kel. Dinas PMD Kab. Kapuas, saat menerima awak media terkait konfirmasi Pemilihan Anggota BPD Desa Pulau Telo, Rabu 27/4/2021

        Sebelumnya menurut info dari warga yang tidak ingin disebutkan namanya, bahwa Pemdes Pulau Telo melalui panitia yang terbentuk sudah melaksanakan Pemilihan Anggota BPD, dan akan ditetapkan pada 19 Maret 2021, namun begitu informasi pemilihan itu berlangsung dan dikonfirmasikan kepada pihak yang berkompeten ternyata belum ada kordinasi, sehingga menyebabkan adanya protes warga dan diduga ada kejanggalan.

        Namun proses penjaringan untuk dicalonkan sebagai kandidat calon anggota BPD, ditengarai melalui penunjukan dari RT wilayah masing-masing untuk dipilih dan ditetapkan secara aklamasi.

        Ketika awak media menelusuri hal ini, dan berupaya menemui Ketua Panitia Pemilihan, Abdul Latif dikediamanya, namun rumahnya Jl. manunggal III RT 01. tertutup rapat meski sudah diketok beberapa kali, dan masih untuk mencari info awak media menemui Ketua RT 01 tapi yang bersangkutan juga gamang dalam memberikan penjelasan, seraya menyuruh menemui panitia lainnya.

         Dimana diperoleh informasi terhadap pemilihan ini, sebanyak 5 orang terpilih diantaranya, Jonson, Abdul Muin, Ubet, Hj Agus, dan satunya menurut sumber adalah menantu ketua RT yang juga termasuk panitia pemilihan.

         Akan tetapi hasil pemilihan dimaksud tidak mencerminkan keterwakilan Gender 30 %  perempuan, bahkan terkesan pihak-pihak RT diwilayah masing2 ditengarai tanpa mengundang warga untuk diberikan haknya, meskipun pengumuman terpasang di Balai Desa, akan tetapi kalau sistem penunjukan secara diam-diam untuk mewakili dan dicalonkan sebagai BPD jelas tidak sesuai proses dan mekanisme yang berlaku.

Dmk (Ahza).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*