BPN/ATR KABUPATEN KAPUAS , PROVINSI KALIMANTAN TENGAH LAKUKAN SOSIALISASI PTSL DI DESA NANING, KEC. BASARANG

Tim PTSL dari BPN/ATR Kab. Kapuas, didampingi Kades Ugun, SH. Foto bersama di depan Kantor Desa Naning usai kegiatan sosialisasi, Rabu 7/4/2021

Kuala Kapuas, Media Megapolitan – Bertempat di Kantor Balai Desa Naning Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, petugas dari Kantor Badan Pertanahan Nasional/ Agraria Tata Ruang (BPN/ATR) Kabupaten Kapuas, mengadakan  sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL), Rabu 7/4/2021.

Terpantau awak media megapolitan, bahwa rombongan dari Kantor BPN/ATR yang datang sebanyak 5 Personel, Kedatangan rombongan ini disambut Aparat Desa setempat, yang kemudian disusul oleh Kepala Desa Naning, Ugun, SH yang baru selesai mengikut kegiatan rapat Desa di tempat yang berbeda.

Kemudian disuasana hari yang sudah beranjak sore, terlihat spontanitas pihak petugas dari BPN/ATR, sambil bercengkrama langsung memberikan arahan terkait dengan sosialisasi tentang PTSL tersebut.

Dan sambil berdialog antara Kepala Desa Ugun dengan Bapak Fitriansyah dkk dari BPN/ATR Kabupaten Kapuas, terlihat dari pihak  BPN/ATR secara bergantian menyampaikan materi sosialisasi yang terfokus berkaitan pentingnya PTSL terhadap legalitas kepemilikan lahan, tanah pekarangan, bagi masyarakat setempat.

Suasana sosialisasi PTSL sedang berlangsung di ruangan Kantor Desa

Saat kegiatan berlangsung, pihak Pemerintahan Desa Naning, seperti yang disampaikan Kades Ugun, bahwa pihak Pemdes akan mendata para pemilik lahan maupun tanah pekarangan sebanyak-banyaknya, setelah itu baru disampaikan kepada tim Petugas Pendata PTSL.

Hal ini direspon dari pihak BPN/ATR namun kalau sudah terhimpun/ terdata pihaknya minta segera disampaikan secepatnya untuk diproses dalam penanganan PTSL.

Usai sosialisasi ini, awak MEDIA MEGAPOLITAN online Ahmad Zainuddin, S.Sos melakukan wawancara kepada Nara Sumber tim sosialisasi dari BPN/ATR, Pak Reza, ketika diwawancarai, berapa target yang dialokasikan untuk Desa Naning, dia katakan gak ada target, namun katanya “berapa pihak Pemdes mampu data yang disuguhkan, begitu maksudnya, “tutur yang bersangkutan.

Sementara pada kesempatan itu pihak Pemdes Naning meng-infokan ketika diutarakan Kades Ugun, hanya menargetkan data antara 200-400 bidang tanah yang akan didaftarkan untuk Program PTSL.

Pada kesempatan ini, telah disinggung juga Program Food Estate secara umum, meskipun dibahas tidak secara spesifik, seperti diketahui pada akhir tahun 2020 yang lalu Pemerintah Pusat telah mencanangkan Program Food Estate tersebut untuk Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dengan sasaran 30.000 Hektar lahan.

Dan ini melibatkan dua Daerah Kabupaten untuk meng-alokasikan lahan, masing-masing Kabupaten Kapuas 20.000 Ha, dan Kabupaten Pulang Pisau 10.000 Ha.

Sebagaimana untuk menunjang keberhasilan program tersebut Pemerintah berupaya untuk melibatkan partisipasi masyarakat, sehingga masyarakat harus mendukung keberhasilan program tersebut.

Oleh karenanya bagi masyarakat diharuskan untuk memastikan kepemilikan bidang lahan, tanah pekarangan agar jelas legalitas dalam kepemilikan dengan menyukseskan PTSL yang kegiatan program ini telah dilaksanakan instansi vertikal yakni BPN/ATR khususnya di Kabupaten Kapuas.

Usai acara sosialisasi ini sejenak foto bersama antara Aparat Pemdes Naning dengan pihak Tim petugas Sosialisasi PTSL dari Kantor BPN/ATR Kabupaten Kapuas.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri semua Perangkat Pemerintahan Desa Naning, dan beberapa awak media Online Nasional yang meliput kegiatan ini.

Dmk (Ahza).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*