SMA NEGERI 1 KAPUAS MURUNG, KABUPATEN KAPUAS, LAKSANAKAN UAS TAHUN 2021

Gd SMA Negeri 1 Kapuas Murung, tampak dari depan, usai direhab Th Anggaran 2020

Kuala Kapuas, Media Megapolitan – Sebanyak 87 Siswa SMA Negeri 1 Kapuas Murung yang terdata akan mengikuti Ujian Akhir Sekolah. Dan UAS tahun ini dilaksanakan melalui Daring yang diikuti 86 peserta didik dari 87 siswa yang terdaftar.

        Untuk kedua kalinya penyelenggeraan ujian secara Daring bersifat Online di SMA Negeri 1 Kapuas Murung ini, dilaksanakan 29 Maret hingga 7 April 2021, seperti halnya juga dilaksanakan pada SLTA lainnya.

        Demikian dikatakan Kepala SMA Negeri 1 Kapuas Murung, Oemiyanto. BS, MPd, kepada Awak Media Megapolitan Online diruang kerjanya, disuasana UAS berlangsung, saat itu beliau didampingi pihak Pengawas Sekolah untuk Tingkat SLTA dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah  Bapak M Rifai, MPd.

Oemiyanto BS, M.Pd, Kepala SMA Negeri 1 Kapuas Murung, saat di ruang kerjanya didampingi Pengawas untuk SLTA
dari Disdik Provinsi Kalteng, Bapak M. Rifai, M.Pd, (baju putih), Senin, 29/3/2021

         Menurut Kasek untuk penentuan kelulusan dalam UAS ini ada beberapa kreteria yang harus terpenuhi bagi peserta didik, karena UAS ini berbeda pada Ujian-ujian sebelumnya, seperti ujian sekolah yang berstandar nasional dimana penyelenggeraannya begitu ketat, dan pengawas ujian pun sistem silang, dan siswa masing-masing difokuskan untuk menggunakan perangkat lunak elektronik komputer, serta pengawalan oleh Proktor, operator di tempat kegiatan berlangsung.

        Namun dalam UAS secara Daring ini, semua tetek bengek dalam ujian diatur dan diatasi oleh pihak Sekolah ybs, peserta didik diberi keleluasaan penuh, karena sebelum mengerjakan soal melalui Daring, absen kehadiran juga secara Daring. Dan pihak Guru hanya bertugas stand-by di Sekolah mengatur  materi Ujian, Jadwal dan Waktu yang sudah ditentukan panitia Ujian, sedangkan Pengawasan diserahkan kepada orang tua peserta didik yang bersangkutan, dan siswa diharapkan bersifat kejujuran.

        Disamping itu, siswa harus dan pernah mengikuti ujian seluruh mata pelajaran dari Semester 1 hingga Smester 6, dan siswa berkelakuan baik, dan juga kreteria untuk lulus ujian, angka nilai peserta didik diambil dari nilai raport 60 %, sedangkan dari nilai ujian 40 % dan ini sangat menentukan.

        Kemudian kriteria lainnya juga untuk menentukan kelulusan  bagi peserta didik dimana nilai raport rata-rata 70, namun kalau nilai raport rata_rata 50, siswa tidak lulus. Jadi untuk standart kelulusan siswa ditetapkan oleh pihak sekolah yang bersangkutan.

        Masih menurutnya sesuai jadwal dalam  UAS tahun ini ada 15 Mapel sebagai materi yang diujikan pada masing-masing jurusan diantaranya.

        Pada jurusan MIPA, Pend Agama dan Budi Pekerti, Bhs Indonesia, Biologi, PPKn, Matematika (Umum), PJOK, Bhs Inggeris, Sejarah Indonesia, Kimia, Seni Budaya, Fisika, Ekonomi LM(XII Mipa1)-Geografi (XII Mipa2), Matematika (Peminatan), dan Prakarya & Kewirausahaan.

        Sedangkan pada jurusan IPS, mapel yang diujikan, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Bahasa Indonesia, Sosiologi, PPKn, Matematika (Umum), PJOK, Bhs Inggeris, Sejarah Indonesia, Geografi, Seni Budaya, Ekonomi, Biologi LM, Sejarah (Peminatan), dan Prakarya dan Kewirausahaan.

       Untuk jadwal ujian dilaksanakan tahap pertama dari jam 07.30 s/d 09.30 dan tahap kedua dari jam 10.00 s/d 12.00, dan siswa peserta ujian harus jawab soal secara Daring, sekali lagi ditekankan untuk pengawasan bagi peserta dalam  ujian  ini diharapkan kejujuran siswa, sebab peserta didik diberi keleluasaan dirumah masing-masing, sedangkan pengawasan hanya orang tua siswa peserta ujian yang bersangkutan, hal ini diminta pihak sekolah, sebab rencana pelaksanaan UAS tersebut sudah disosialisasikan.

 Dmk (Ahza).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*