PEMDES BATUAH MENERIMA DANA DD TAHAP I UNTUK PEMBANGUNAN INFRASTUKTUR DAN JARING PENGAMAN SOSIAL

Jalan Poros Desa Batuah, Kec. Basaarang usai dikerjakan dengan Padat Karya Tunai

Kuala Kapuas, Media Megapolitan- Dalam Tahun Anggaran 2021, Pemerintahan Desa Batuah, Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, menerima kucuran dana DD  pada Tahap 1 berkisar Rp 374 juta. Dana terebut telah dialokasikan untuk Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD).  Diantaranya untuk peningkatan Jalan Poros Desa, Pembangunan Gedung Posyandu (infrastruktur), dan Penanganan  jaring pengaman sosial bagi  Warga terdampak Covid-19.

       Hal itu dikatakan Kepala Desa Batuah, Kecamatan Basarang, Gazali Rahman, saat awak media Megapolitan Online Ahmad Zainuddin, S.Sos, keitka mengkonfirmasi terkait pengucuran dana DD di ruang kerjanya, Jum’at 26/3/2021.

Foto bersama usai Pelantikan Kades Batuah oleh Bupati Kapuas, Ir Ben Brahim S Bahat, MM, MT.

      Menurut Kades, untuk pembangunan bidang infrastruktur, pihak Pemdes Batuah pada tahap ini  melaksanakan kegiatan peningkatan pekerjaan semenisasi jalan poros Desa di Dua lokasi yang berbeda, masing2 dengan ukuran Panjang 170 M, Tinggi15 Cm, Lebar 2,5 M, (170M x 2,5 x 3M), dan ukuran Panjang 600 M, Tinggi 15 Cm, Lebar 3 M, (600M x 15CMx 3M)

      Kegiatan pekerjaan ini dilakukkan dengan sistem padat karya tunai yang melibatkan masyarakat setempat  sedangkan upah pekerja disesuaikan dengan Standart Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kabupaten Kapuas.

       Dan untuk pembangunan bidang infrastruktur lainnya, akan mengerjakan pembangunan Gedung Posyandu termasuk perabotnya dengan alokasi dana Rp 75 jt, termasuk insentif kader Posyandu.

      Sedangkan untuk penanganan jaring pengaman sosial warga masyarakat Desa Batuah yang terdampak Covid-19, penyaluran dana BLT dilaksanakan secara tunai kepada yang berhak sebanyak 35 KK dengan nominal Rp 300.000/KK Perbulan.Ï

      Kemudian diperjelas informasi dari Pak Kades, bahwa untuk pekerjaan peningkatan jalan sepanjang 600 M tsb, yang dilaksanakan pada Tahap I ini, pekerjaannnya juga dilanjutkan  pada Tahap II dan III dana DD Tahun Anggaran 2021, dan ini sesuai dengan perencanaan Desa Batuah dalam penggunaan tahapan kucuran dana tsb, dmk Kades Gazali Rahman menuturkan ketika mengakhiri pembicaraan. Dmk (Ahza).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*