PENGURUS DPC AWI KAPUAS HADIRI PERTEMUAN DENGAN JAJARAN PIMRED DAN WARTAWAN, SERTA KADIS KOMINFO KAB. KAPUAS

Kadis Kominfo Kab. Kapuas sedang memberikan arahan kepada Awak Media

Kuala Kapuas, Media Megapolitan-  Bertempat di Aula Pertemuan Diskominfo Kabupaten  Kapuas, Rabu 10 Maret  2021 pihak Jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas  mengadakan pertemuan dan sekaligus silaturrahmi.

       Pertemuan yang kedua kalinya ini dihadiri oleh beberapa Pemimpin Redaksi, wartawan Media Cetak dan Online yang bertugas di wilayah Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah.

       Dalam pertemuan ini diawali arahan Kadis Kominfo Kab. Kapuas, DR H Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes. Pada kesempatan ini hadir juga Sekretaris Dinas, Kabid Teko, Kabid Persandian,

Semua Kasi, dalam lingkungan Diskominfo Kab. Kapuas dan seluruh jajaran dan staff.

       Setelah arahan Kadis Kominfo yang bersifat umum terkait ruang lingkup Jurnalistik dan kepentingannya,  beliau dalam kesempatan ini berpesan agar para wartawan yang meliput di wilayah Kab. Kapuas, untuk menyajikan informasi yang akurat kepada masyarakat, bijak dan profesional manakala dalam  menyikapi hal2,  info2 yang simpang siur yang berkembang dimasyarakat, disamping itu juga Kadis Kominfo spontanitas minta kepada semua awak media yang hadir untuk memperkenalkan diri masing-masing., sebab kalau tak kenal maka tak sayang ujar beliau sesekali mengutip satu pepatah, sambil bergurau dalam arahannya.

Suasana saat pertemuan dengan Jurnalis sedang berlangsung.

       Dipertemuan ini juga dibahas kembali tentang keberadaan wartawan yang bertugas melakukan  peliputan di wilayah Kabupaten Kapuas, yang secara umum beliau menekankan agar para wartawan atau awak media benar benar mempunyai identitas yang lengkap sebagai jurnalist yang legal sehingga tidak dianggap sebagai wartawan yang hanya punya Id Card dan surat tugas, begitu juga media harus jelas agar tidak dokonotasikan sebagai media Abal abal dan wartawan Bodrex.

       Pada kesempatan ini juga, usai arahan Kadis Kominfo dilanjutkan  dialog dengan para yang mewakili pimred dari media Cetak maupun media Online serta para wartawan yang berkesempatan hadir.

       Disuasana yang akrab dan penuh kekeluargaan ini baik dari jajaran Kominfo maupun awak media secara personel menyampaikan uneg -uneg terkait tugas dan beban wartawan di-lapangan, namun tidak luput juga kritik yang dilontarkan Kadis Kominfo kepada semua wartawan, ” kata beliau, saya jujur saja, ada juga wartawan yang saya kenal dimitra kominfo tidak ada beritanya ” disamping kata beliau lagi ada  yang enggan mempublikasikan berita online, karena takut diketahui bahwa isi beritanya terindikasi berita copy paste.

       Terkait kritik ini, sesekali juga dari kalangan awak media meminta kepada pihak Diskominfo sebagai Humas Pemkab melalui website KIP dalam menyajikan info berita  hendaknya info yang mentah, sehingga bisa memacu pola pikir wartawan untuk berkembang. Dan jangan info yang disajikan sudah jadi berita seperti yang sudah sudah.

       Karena ini membuat kesan bahwa jajaran Dinas Kominfo juga sebagai personel wartawan. Ini sangat bertentangan dengan Etika Jurnalistik sebagaimana diatur dalam Undang undang No 40 Tahun 1999 tentang PERS terutama pada Bab 1 Pasal 1 dalam Undang undang tsb.

        Dan oleh karena itu seorang wartawan harus mampu mengembangkan pola pikir untuk membuat karya jurnalis-nya demi keprofesionalan wartawan itu sendiri.

        Hal tersebut senada seperti yang di ungkapkan sdr Ahmad Suhaili mewakili para awak media ketika dalam dialog bersama dengan Jajaran Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas.

        Demikian juga dari pihak Aliansi Wartawan Indonesia, Baik Ketua dan Sekretaris DPC AWI Kabupaten Kapuas, Sdr Ahmad Zainuddin, S.Sos & Sdr Latif, menekankan agar pihak Kominfo yang menyajikan informasi jangan realese berita yang sudah masak, sebab seolah olah sudah ada wartawan yang stand-by untuk selalu bikin berita, sehingga dengan demikian seorang wartawan dapat dibedakan mana yang profesional dan mana yang tidak bisa bikin berita.

       Seusai rangkaian acara dialog dan tanya jawab dan seiring waktu, pertemuan ditutup oleh Kadis Kominfo diakhiri dengan makan bersama. Dmk (Ahza).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*